0

Keluarga :)

Saat duduk bersama beliau , di emperan lembaga pendidikan tersohor di Semarang. Percakapan umum saat seseorang baru kenal  yang membuat gadis itu teringat keluarga nya. Hmm keluarga tetangga nya pula.

Gadis itu terdiam, tersenyum, dan teringat perjuangan nya beberapa tahun silam. Ketika ia harus memilih antara kerja atau kuliah. Dan bagaiman ia harus memperjuangkan salah satunya. Saat mereka yang lain sibuk memilih pendidikan tinggi dengan grade yang ia pikir terlalu tinggi baginya. Perasan itu muncul kembali sama seperti saat mengenyam bangku pendidikan menengah. Ia memimpikan nya, namun perasaan minder menghinggapinya. Bukan. Bukan karena ia tak pintar, sebenarnya ia mampu dan ia yakin itu. Namun keuangan nya terasa meluruhkan impian itu , berpikir jangka panjang daripada ini, itu, begini, begitu, terbentang banyak tantangan yang harus dilalui nanti dan resiko yang harus ditanggung. Ia berpikir tak bisa maksimal seperti yang ia harapkan.

Saat itu ia yakin ada rencana lain yang Allah tuliskan untuknya. Kakinya mulai melangkah ,sembari mencari jalan untuk mendapatkan nya. Orang tuanya tak luput dari tangan gantungan nya. Beliau berusaha sampai sebisanya. Gadis itu tau, keluarga nya lain dari lingkungan temannya. Gadis itu tak pernah memaksakan tulang punggung keluarganya lebih nyeri merasakan lika-liku hidup.

Yah, ia belum menemukan seseorang yang  sama dengan dirinya di emperan lembaga pendidikan. Beliau sama dengan orang-orang umum yang ia temui sebelumnya. Belum ,semoga agar gadis itu bisa memaknai hidupnya agar lebih bermanfaat dan mengembalikan semangat nya. Di emperan itulah, gadis  tersebut ada untuk menggantikan keluarga anak yang punya impian seperti  impian gadis yang sudah hangus.

*Eps 1

0

Penyakit Hati

 

“Terus memendam amarah sama seperti menggenggam bara panas untuk dilontarkan kepada seseorang, Kitalah yang akan terbakar.” -Sidharta Gautama

 

Dalam hidup memang wajar kalau ada peristiwa-peristiwa yang membuat kita marah dan kecewa. Tapi cepat kendalikan emosi kita kembali. Jangan biarkan rasa amarah, dendam, iri, kesal atau kecewa kepada pasangan, teman, rekan kerja, atau atasan di kantor bercokol lama di hati kita.

 

Kekesalan, amarah dan kekecewaan hanya akan mengaktifkan hukum tarik menarik, membuat kita menerima apa yang kita berikan.

 

Bila kesal pada pasangan atau ada kawan yang mengingkari janji, lalu kita menyalahkan mereka atas kekacauan semua itu, maka kita akan mendapatkan kembali keadaan yang dipersalahkan itu.

 

Kembalinya keadaan itu tidak harus selalu dari orang yang kita salahkan, tetapi sejatinya kita akan mendapatkan kembali keadaan yang kita salahkan itu.

 

Ikhlaskanlah, maafkanlah. Hati akan terasa lebih lega dan ringan dalam menjalani hidup, lebih fokus terhadap tujuan hidup tanpa terbebani penyakit-penyakit hati yang hanya akan menghabiskan energi positif.

 

“Jika saya mengikhlaskan diri saya, saya menjadi yang saya inginkan. Jika saya mengikhlaskan yang saya punya, saya akan menerima apa yang saya butuhkan” –  Tao Te Ching

 

Semoga Tuhan mengaruniai sabar yang tak terbatas dan ikhlas yang tak bertepi untuk kita semua, sehingga apapun rintangan dan cobaan yang dilalui akan terasa lebih ringan 🙂

 

like&share

by AdminLL @ceritadunia

0

Pemalsuan Dokumen..

ARTIKEL

Pembuat dan Pengguna Dokumen Ijazah Palsu

            Berbagai media kini menayangkan beberapa pejabat yang dicurigai menggunakan dokumen ijazah palsu, begitu pun dari pelaku pembuatnya sedang menjadi buronan polisi.  Berita terkait datang dari Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono yang telah meringkus pelaku pembuat dokumen palsu bernama Alex di Jakarta Pusat pada 3 Juni 2015.

Pelaku pembuat dokumen palsu dijerat pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen juncto Undang-undang pendidikan no 2 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bukan hanya dari pelakunya saja yang akan dikenai sanksi, para penguna jasa ini pun dapat dipidana karena termasuk melakukan pemalsuan dokumen bahkan dapat termasuk dalam tindak pidana pemalsiuan data yang diancam dengan pidana penjara paling sedikit 1  tahun dan paling lama 5 tahun serta denda minimal sebesar 50.000.000 dan denda paling banyak 250.000.000.

Pelaku pembuat dokumen palsu ini rata-rata didasari faktor ekonomi. Mereka tergiur akan kelebihan finacial yang akan didapat dengan memalsukan dokumen dimana hanya butuh sedikit polesan latihan agar lebih terampil dan didukung dengan teknologi yang canggih akan menghasilakn uang yang banyak cukup dengan berkutat di dalam ruangan. Alat yang digunakan rata-rta ialah mesina pemindai dokumen atau scan.

Kini para pejabat dan pegawai negeri sipil yang baru, dicurigai menggunakan dokumen ijazah palsu. Banyak dari mereka bermodus ingin diterima sebagai pegawai negara sehingga mereka berkorban uang ratusan hingga jutaan untuk memperoleh ijazah dari perguruan tinggi yang di inginkan lengkap dengan transkip nilainya. Tak segan-segan banayak yang memesan perguruan tinggi denagn grade yang tinggi seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor,Institit Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada dan lain sebagainya seperti yang pernah dilakukan oleh Alex.

Seperti sudah menjadi tradisi umum bahwa dalam penerimaan apapun yang membutuhkan adanya surat bukti tamat belajar jenjang tinggi, menjadikan beberapa calon pendaftar berpikir licik. Tengoklah ke belakang ketika pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Pendiidkan , M.Noh menguak adanya 804 ijazah palsu dalam pengajuan sertifikasi guru oleh Panitia Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Rayon 141 Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Tak lain dan tak bukan bahwa pelaku pemalsuan dokumen ialah guru tidak tetap yang memaksakan diri mengikuti proses sertifikasi pendidik. Harapannya mereka akan memperoleh tunjangan yang lebih dari standar ketika mereak berhasil memperoleh sertifikasi pendidik.

Sungguh kejadian yang sangat ironis. Tentunya hal ini juga terjadi pada para pejabat dan pegawai negeri sipil baru yang menginginkan adanya pendapatan lebih ketika mereka berhasil meduduki peran penting di negara. Mereka berani mengelarkan uang cetakan ijazah palsu sampai jutaan rupiah karena mereka tahu perbandingan cost and benefit yang jauh lebih banyak benefit yang  akan diperoleh. Sungguh perilaku yang tidak sepantasnya dilakukan. Perlu diingat peribahasa guru kencing berdiri, murid kencing berlari, karena guru adalah teladan, karena pejabat adalah public figure.

Sebenarnya tidak sedikit perguruan tinggi yang telah berupaya agar ijazahnya sulit untuk dipalsukan seperti kebijakan pencetakan ijazah hanya dilakukan di percetakan yang memiliki lisensi sebagai percetakan sekuritas dengan menggunakan kertas cetak berteknologi khusus, berlapis polikarbon, bertinta sekuritas, berteknologi laser atau mencetak ijzah di Peruri. Meskipun upaya tersebut selalu digencarkan namun dengan teknologi sophisticated, ijazah apapun dapat digandakan. Bahkan banyak yang tidak dapat membedakan antara dokumen  asli denagn dokumen palsu.

Dapat dibayangkan banyaknya ketidakjujuran para petinggi negara di tengah-tengah pendidikan karakter dan revolusi mental yang sedang dirilis oleh orang no 1 di Indonesia, maka menjadi bukti bahwa perlu adanya sanksi dan pembenahan yang berkelanjutan. Memang tak semua pejabat, pegawai negeri sipil maupun guru melakukan pemalsuan dokumen namun sebagian yang buruk itulah yang merusak korps guru, pegawai negeri sipil maupun pejabat seperti peribahasa setetes nila merusak susu sebelanga. Tak hanya dengan menjadikan  pemecatan sebagai solusi alternatif saja namun harus sesuai dengan aturan, kan sudah ada pasal yang mengatur tentang pemalsuan data mupun dokumen.

Sumber referensi :

Merdeka.com “Pemerintah sebut pemakai ijazah diancam pasal pemalsuan dokumen” Kamis, 4 Juni 2015

Merdeka.com. “Jusuf Kalla desak polisi bongkar pengguna ijazah palsu”. Kamis, 4 Juni 2015

Antaranews.com “Plda Metro ringkus pemalsu ijazah UI”. Kamis, 4 Juni 2015

Somyaputra’s Blog “Pidana dalam Pemalsuan atau Manipulasi Data Honorer” 24 Februari

2014

KR Online “Pemalsuan Ijazah” oleh : Prof Dr Ki Supriyoko adalah Direktur Pascasarjana Pendidikan UST Yogyakarta

0

Optimisme

Optimis dengan apa yang akan kamu lakukan itu penting. Snagat penting karena rasa optimis akan menumbuhkan ras percaya diri, kemantapan hati hingga niat yang kuat untuk melakukanya. Tak bisa dipungkiri, optimisme itu terkadang surut karena banyak faktor. Sesuatu yang menjadi penghalang itu banyak salah satunya ialah keadaan financial atau lebih familiar dengan keadaan ekonomi.

Contoh nyata, ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi terhambat karena keadaan ekonomi. memang banyak media mengatakan pendidikan itu gratis, tidak di pungut biaya. Untuk memperolehnya,, itu lah butuh dana…

Aaaaaarrgh … butuh perjuangan . Ingat bahwa Allah itu senagn menguji hamba-Nya. Ia rindu pada jeritan tangis hamba-Nya yang bersimpuh kepada_Nya. Ia rindu ketika hamba-Nya selalu menyebut nama-Nya…

croop

Sarjana pendidikan muda ,,amin

Sarjana pendidikan muda ,,amin

Semangat untuk meraih kesuksesan :D

Semangat untuk meraih kesuksesan 😀

0

MY CAREER PLAN :D

Semangat untuk meraih kesuksesan :D

Semangat untuk meraih kesuksesan 😀

Sarjana pendidikan muda ,,amin

Sarjana pendidikan muda ,,amin

Sarjana pendidikan muda ,,amin

Sarjana pendidikan muda ,,amin

Hello kawan-kawan Laskar KIME ,,tak lupa juga buat kakak –kakak KIME yang semakin gokil J bagaimana kabar nich? Buat mbak-nya ndak bosen kan baca rangkaian huruf yang aku buat ?? yaa entah isinya apa..hehe

Hmmm by the way, setiap orang pasti punya mimpi dan punya tujuan dalam mengarungi hidup,is it right? Yaap, pasti punya! Dengan memiliki impian dan tujuan pasti hidup kita akan lebih terarah. Jangan takut kawan untuk merencanakan impian atau tindakan kita ke depannya,hitung-hitung buat menerapkan teori manajemen yang kita dapatkan di kelas. Tentunya juga tidak semua rencana kita akan terealisasikan ,jadi jangan putus asa jika salah satu dari rencana kita tidak terwujud karena kita tahu allah mempunyai rencana dan keputusan yang lebih indah dari yang kita bayangkan J

So, don not worry if you are faliing down because you can get up and start it again J

Aku punya rencana kemana langkah kaki aku akan berjalan 3 tahun ke depan,minta doa nya ya teman-teman agar aku mampu melangkah  dan diberi umur panjang J Semoga teman-teman yang sudah memiliki rencana juga terwujud semua,,amin

  1. Melewati masa-masa ulangan tengah semester dengan persiapan dan nilai yang baik
  2. Mengikuti kegiatan magang di LK/BSO Fakultas Ekonomi dan UKM universitas dengan sebaik-baiknya
  3. Melaksanakan kegiatan Ultah KIME & KIME Award dengan baik
  4. Mencapai target one day one juz
  5. Mengerjakan tugas kelas secara individu dan kelompok dengan semaksimal mungkin
  6. Membantu kegiatan pengabdian masyarakat di desa Bantar Dowo bersama BEM FE
  7. Meningkatkan shalat tahajud setiap malam minimal 3 x dalam seminggu
  8. Mendapat IPK di atas 3.8 untuk semester gasal
  9. Menjadi mahasiswa denagn IPK terbaik sejurusan Pendidikan Ekonomi
  10. Menyelesaikan masa magang KIME dengan kesan dan nilai yang baik di mata teman-teman dan kakak-kakak KIME
  11. Memiliki handphone sendiri
  12. Mengisi waktu libur semester untuk kegiatan pelatihan UKM
  13. Mengisi waktu liburan di Wonosobo untuk mengumpulkan data mengenai pengabdian masyarakat untuk bahan PKM-M ke depannya
  14. Menata batu bata (pembatas) untuk makam bapak
  15. Membantu memperluasa pemasaran jajanan pasar di Wonosobo
  16. Menata ulang metode belajar dan ngaji untuk adik (ketika berada di rumah)
  17. Mengikuti kegiatan di kampung seperti perkumpulan pengajian, pemuda-pemudi dan mengadakan kegiatan bakti masyarakat
  18. Memasuki semester genap dengan semangat baru
  19. Mengikuti open recruitmen fungsionaris LK/BSO /UKM (mempertimbangkan mana yang akan dipilih/diikuti)
  20. Memperoleh IPK yang lebih banyak dari semester gasal
  21. Masuk ke kelas bilingual
  22. Menjadi asisten dosen atau asisten labolatorium pendidikan akuntansi
  23. Memiliki notebook atau laptop sendirI
  24. Menjadi mahasiswa berprestasi angkatan 2015
  25. Menjadi delegasi PPL di luar negeri
  26. Menjadi delegasi pertukaran pelajar antar universitas di luar provinsi di Indonesia
  27. Berkeliling di seluruh Indonesia
  28. Menjadi delegasi pertukaran pelajar di luar negeri
  29. Berangkat ke Jepang
  30. Naik pesawatkereta api dan kapal laut 😀
0

NARASI “MY CURRICULUM VITAE”

Assalamu’alaikum wr.wb

  Alhamdulillahirobbil’alamin… 🙂 Hallo kaka-kaka KIME dan teman-teman Laskar KIME yang kreatif! Perkenalan dulu yaa.. Kan katany “Tak kenal maka tak???”
Tak masalah dong…. Yang penting kan kita kenal ma orangnya,,, iya bukan?? Hayooo..mudeng apa nggak nih?
Maksudnya Tak kenal ma katak (kata “maka tak” menjadi “ma katak”) kan tak masalah bukan? 😀
Hahaa korban acara lawak *piiiiiiiip*
Orang -orang memanggilku Ena. Sesuai akta kelahiran namaku Ena Triana, bukan Erna, bukan Triyana dan yang penting bukan Enak! Please don’t call me that :)Aku berumur 18 tahun lebih 10 bulan tepatnya besok 07 Desember aku berumur 19.tahun,amiin 🙂 .Aku anak ke 3 dari pasangan suami istri Siti Faidah-Mulyono. Aku terlahir dari rahim seorang pembuat gorengan yang biasanya dititipkan ke warung dan pasar terdekat.Sayangnya, besok 28 Oktober 2014 aku tak hanya memperingati Hari Sumpah Pemuda tapi juga memperingati satu tahun Bapak mendahului kami ke Rahmatullah. Mohon doanya ya kawan-kawan…. 🙂
Aku tinggal bersama Ibu dan adik-adikku di Dusun Krakal Tamanan RT 04 RW 01 Desa Karangluhur Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Alhamdulillah orang tua mengarahkanku untuk memeluk agama Islam sebagai keyakinan hati dan pedoman dalam hidup dunia akhirat, jadi keluargaku alhamdulillah muslim semua.
Dulu aku masuk Taman Kanak-kanak sangat awal sekitar umur 3,5 tahun.Aku belajar dan bermain di TK Masyitoh di dusun kami.Menurut tahun pelajaran, aku memiliki umur yang tanggung. Ketika orang tuaku mengantarkan aku untuk mendaftar SDN 2 Karangluhur, mereka khawatir aku tidak diterima karena umurku masih 6,5 tahun. Padahal salah satu syarat masuk ialah berumur 7 tahun. Benar deh! Aku tidak diterima,,huhuhu. Aku benar-benar tak mau masuk sekolah kecuali SDN 2 Karangluhur. Akhirnya aku libur 1 tahun,aku malu masuk TK lagi karena aku merasa sudah pintar 😀 *PD banget ya*
Setelah satu tahun aku jelas diterima di SDN 2 Karangluhur.dan lulus pada tahun ajaran 2007/2008. Setelah itu aku melanjutkan pendidikanku di SMP N 1 Kertek yang berjarak 1 km dari rumahku,jadi setiap hari aku berjalan kaki bersama teman sedusun denganku.Waktu SMP merupakan tahapan awal untuk mengenal diri dan lingkungan pada keadaan nyata bukan hanya teori pada sekolah dasar.Ketika SMP aku semakin giat untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi keluarga,lingkungan dan sekolah tentunya.Aku berhasil lulus tepat waktu lho! 3 tahun! Hehe suatu kebanggaan juga kan?
Setelah lulus SMP aku bingung untuk memilih antara melanjutkan sekolah atau kerja . Alhamdulillah pada saat itu kakak laki-lakiku menyarankanku untuk melanjutkan sekolah dan akan membantu membiayai pendidikanku.Akhirnya aku mendaftar ke SMK sesuai saran kakakku dan mengambil program keahlian Akuntansi di SMK N 1 Wonosobo, SMK terkemuka di Kabupaten Wonosobo. Di sana aku merasa semakin berkembang dan mampu memberikan kontribusi untuk pribadi,keluarga dan sekolah. Aku lulus pada tahun pelajaran 2013/2014. Masa-masa inilah yang sulit bagiku untuk melangkah ke masa depan. Saat untuk memilih antara kerja atau kuliah.Sebelum masa-masa ujian aku sudah bermaksud untuk kuliah dan akhirnya mendaftar peserta SNMPTN dan bidikmisi.Tinggal menunggu pengumuman.
Namun saat itu bapakku meninggal dan rasanya keinginan untuk kuliah semakin pudar.sAku pikir lebih baik aku bekerja untuk membantu membiayai sekolah adikku. “Setiap akhir merupakan suatu awal pula kawan”, begitu kata temanku ketika aku dalam keadaan 100% galau, bingung, bimbang, resah tingkat atas. Ibu selalu meberi pengarahan terhadap keputusan apapun yang akan saya ambil ke depannya.
Aku memutuskan untuk bekerja.Aku melamar di Perusahaan perakit emas di Cilacap namun gagal. Melamar sebagai kasir dan staff penitipan barang di suatu supermarket baru di Wonosobo namun tak pernah ada panggilan.Menyedihkan! Lalu aku bermaksud mendaftar ke penyalur tenaga kerja perusahaan elektronik di Malaysia,namun ada saja kendalanya hingga akhirnya dengan bantuan informasi dari BK SMK aku mendaftar dan diterima sebagai administrasi produksi di sebuah perusahan konveksi di Bantul. Namun Allah berkehendak lain, aku diterima di Universitas Negeri Semarang melalu jalur SNMPTN. Setelah 3 hari 3 malam memikirkan, menimbang dan memperhitungkan dan saran dari orang-orang sekitar aku mengambil kesempatan kuliah Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Semarang.
Ada beberapa organisasi yang aku ikuti selama belajar di SMK antara lain :
Palang Merah Remaja SMK N 1 Wonosobo sebagai Wakil Ketua
Forum Palang Merah Remaja Kabupaten Wonosobo sebagai sekretaris
Ikatan Pelajar Pemudi Nadhotul Ulama’ sebagai anggota

Beberapa prestasi yang aku dapatkan antara lain :
Juara 1 Lomba Siswa Teladan SMK tingkat Kabupaten 2013
Juara 1 LCC PEMILU Kabupaten Wonosobo 2013
Juara 1 Lomba Akuntansi tingkat Kabupaten Wonosobo 2013
Juara 2 LCC PMR tingkat Bakorwil Kedu 2013
Juara 3 JUMBARA tingkat Provinsi Jawa Tengah 2010
Juara 1 Pidato Bahasa Jawa tingkat sekolah 2012

Semua prestasi tersebut tentunya di dapatkan dengan bantuan bimbingan dan doa dari berbagai pihak yang sangat berarti dalam hidupku. Semoga Allah membalas kebaikan semua orang yang telah membantu aku menjadi anak yang berguna 🙂
Selama di SMK aku juga mendapatkan berbagai pelatihan dan mendapatkan kemampuan, ketrampilan dan sertifikat seperti
Sertifikat TOEIC dari bimbingan LEC SMK 1 Wonosobo
Sertifikat Ketrampilan Ms.Excel dari Khursus Bina Ekonomi Remaja SMK 1 Wonosobo
Sertifikat Kompetensi Keahlian Akuntansi dari LSP-TA (Lembaga Sertifikasi Profesi-Teknisi Akuntansi)

Semua prestasi tersebut tentunya di dapatkan dengan bantuan bimbingan dan doa dari berbagai pihak yang sangat berarti dalam hidupku. Semoga Allah membalas kebaikan semua orang yang telah membantu aku menjadi anak yang berguna 🙂
Selama di SMK aku juga mendapatkan berbagai pelatihan dan mendapatkan kemampuan, ketrampilan dan sertifikat seperti
Sertifikat TOEIC dari bimbingan LEC SMK 1 Wonosobo
Sertifikat Ketrampilan Ms.Excel dari Khursus Bina Ekonomi Remaja SMK 1 Wonosobo
Sertifikat Kompetensi Keahlian Akuntansi dari LSP-TA (Lembaga Sertifikasi Profesi-Teknisi Akuntansi)

Oh iya golongan darahku A.Buat teman-teman yang membutuhkan darah bisa kok nyalur dari aku. Aku ingin jadi pendonor darah dan penggerak donor darah sukarela meskipun aku belum pernah mendonorkan darah, hehe tapi pasti suatu saat nanti aku akan donor darahku kok 🙂 amiin.
Itu sekilas tentang aku, untuk informasi lebih lanjut teman-teman bisa menghubungi aku di 089672183853 atau 085643695578, tapi maaf belum tentu ada pulsanya 😀 Teman-teman Laskar juga bisa add facebook ku “ena triana” atau berkunjung sekalian di kos aku Griya Tuah Mustika di gang Setanjung kamar no 65…hehe (tapi maaf cowok dilarang masuk)
Terima kasih yaa sudah membaca narasi buatanku, maaf apabila ada kesalahan 🙂
Wassalamu’alaikum wr.wb

horeeeeeee! Alhamdulillaah

horeeeeeee! Alhamdulillaah

Lomba di UMP Purworejo.

Lomba di UMP Purworejo.

0

Diklat KIME 2014

Technical Meeting pertama yang dilaksanakan oleh Laskar KIME setelah diadakannya litsus ialah pada tanggal 9 September di Pusat Kegiatan Mahasiswa pukul 15.00 WIB. Technical Meeting diadakan dengan tujuan memberikan pengarahan kepada para peserta magang KIME mengenai penugasan-penugasan selama magang periode September-November 2014.

Penugasan dijelaskan secara singkat oleh Kak Gatot. Berikut penugasan yang ditentukan :

  1. Membuat Blog

Perkembangan IPTEKS semakin pesat,banyak sosial media yang dapat digunakan untuk berbagi informasi, penyalur ide-ide kreatif dan tentunya mengasah kemampuan tulis menulis bagi para mahasiswa. Laskar KIME tentunga selalu memperbaharui kualitas karya tulis dan memanfaatkan sosial media untuk penugasan bagi peserta magang. Dengan membuat blog kakak-kakak KIME dapat melihathasil penugasan dengan mengunjungi blog peseta magang. Dengan membuat blog diharapkan mampu meningkatkan kreativitas peserta magang dengan merubah tampilan sesuai tema yang diinginkan.

  1. Entry Materi Diklat

Setelah membuat blog, peserta magang memposting entry materi diklat yang disampaikan pada saat Technical Meeting yang pertama. Diharapkan mereka menjadi tahu mengenai penugasan yang harus diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Membuat blog dan enty materi harus dikerjakan paling lambat tanggal 29 September.

  1. Narasi Curiculum Vitae

Mengenal pribadi masing-masing itu penting.Dengan mengetahui siapa diri kita, kelebihan atau kekurangan apa yang kita miliki,potensi pada diri kita apa, bagaimana latar belakang pendidikan, keluarga, prestasi dan organisasi menjadi salah satu acuan untuk melangkah atau mengambil apa yang akn kita pilih dalam berorganisasi(LK atau BSO). Peserta magang diwajibkan untuk mendeskripsikan mengenai riwayat hidup agar orang lain mengetahui kepribafian kita.Penugasan narasi dibatasi tanggal 19 Oktober.

  1. Carier Plan 3 tahun ke depan

Tiap peserta magang pasti memiliki mimpi atau rencana karir ke depannya. Semua mimipi atau rencana tersebut perlu dituliskan sebagai dasar motivasi kita. Peserta magang diwajibkan menulis minimal 30 Carier Plan 3 tahun ke depan. Dengan menulis rencana 3 tahun kedepan , diharapkan semua peserta magang dapat terpicu untuk melakukan semua tugas dengan maksimal dengan berorientasi pada rencana karir tersebut. Batas penugasan pada tanggal 29 September.

  1. Esai Indonesia-ku

Mendengar kata Indonesia tentunya banyak gambaran pada benak kita. Di sini peserta harus menulis esai mengenai Indonesia, boleh tentang politik, budaya, ekonomi, pendidikan dan lainnya. Penulisan esai ini bermaksud meningkatkan kepekaan peserta mengenai perkembangan situasi dan kondisi bangsa Indonesia. Kakak-kakak KIME telah memberikan panduan esai sehingga memudahkan peserta untuk membuat esai tersebut dengan kalimat sendiri.  Penulisan esai harus sudah diposting paling lambat 9 November.

  1. Kompetensi Kreativitas Gagasan Tulis

Kompetensi antar peserta kelompok mengenai ide-ide atau gagasan tulis yang kreatif. Kelompok telah dibentuk untuk memudahkan diskusi antar peserta magang.

  1. Program Kretivitas Mahasiswa

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan tugas bagi peserta magang dimana per kelompok (boleh kelompok yang telah dibentuk atau membentuk sendiri) berisi 5 anak membuat suatukarya tulis (proposal) berisi program mahasisawa. PKM ini meliputi :

  • Program Kretivitas Mahasisawa Penelitian
  • Program Kretivitas Mahasisawa Kewirausahaan
  • Program Kretivitas Mahasisawa Teknologi
  • Program Kretivitas Mahasisawa Karya Cipta
  • Program Kretivitas Mahasisawa Pengabdian Masyarakat

Peserta magang wajib membuat minimal 1 karya.

0

SELAYANG PANDANG SUMATERA BARAT

Dari Wikipedia
Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan Padang sebagai ibu kotanya. Sesuai dengan namanya, wilayah provinsi ini menempati sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai. Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.297,30 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat berpenduduk sebanyak 4.846.909 jiwa dengan mayoritas beretnis Minangkabau yang seluruhnya beragama Islam. Provinsi ini terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.
Sampai Jumpa.,.,
Hitung-hitung belajar buat makrab HIMA PE & Latihan magang KIME 🙂

0

TIPS MENGHAFAL MATERI PELAJARAN

Dengan tambahan sedikit usaha dan kreatifitas, kita bisa bikin materi pelajaran yang tadinya bikin pusing dan mengesalkanb karena susah dihafal jadi mudah dan menyenangkan.Pertama-tama kenali dulu gaya belajar kita seperti apa. Apakah tipe visual, kinestetik atau audio. Setelah itu pilih cara belajar yang cocok.

Visual learner à lebih mengandalkan mata, lebih cepat mengingat apa yang dilihat. Jadi coba beri highlights buku pelajaran atau catatan kita dengan spidol atau stabilo warna warni. Jadi lebih menarik bagi mata dan mudah diingat

Kinestetik learner à Selalu merasa suntuk dan lelah kalau duduk diam saat belajar. Jadi coba belajar sambil jalan-jalan keliling rumah. Atau belajar di tama, sambil sekali-kali jalan keliling.

Audio learner à lebih mengandalkan pendengaran alias lebih cepat mengingat apa yang didengar. Jadi coba baca materi pelajaran dengan cukup keras dan berulang. Bisa juga merekamnya, lalu memutarnya berulang-ulang atau melakukan tanya jawab dengan teman.

Be creative!

Setelah memahami bagaimana tipe belajar kita, mulai lakukan beberapa trik supaya belajar menjadi mudah dan menyenangkan. Caranya dengan membuat jembatan keledai alias mnemonic, yaitu mengubah bentuk materi yang kita hafalkan agar bisa lebih lama bertahan di memori otak kita.

Membuat singkatan

Contohnya, mejikuhibiniu yang digunakan untuk menghafal warna pelangi, atau untuk menghafalkan Unsur Golongan 2A (Alkali Tanah) di pelajaran kimia, yaitu Be, Mg, Ca, Sr, Ba, dan Ra, bisa dibuat jembatan keledainya jadi Beli Mangga Campur Sirsak Bagi Rata.

Ubah materi pelajaran jadi lirik lagu favorit

Hafalkan dan nyanyikan berulang-ulang. Karena suka lagunya dan nadanya ada di memori kita, otak kita akan lebih mudah menerima dan menghafal lirik barunya.

Buat gambar atau bagan

Buat gambar atau bagan dari materi pelajaran yang pengin kita hafalkan dan hubungkan dengan sesuatu yang gampang kita ingat. Misalnya hukum Archimides kita dihafal dengan menggambar gelas besar berisi air, dengan telur di dalamnya dalam posisi tenggelam, mengambang atau terapung. Jadi kita akan mudah ingat bahwa air punya daya tolak.

Bisa juga merangkum catatan yang panjang lebar dengan membuat bagan. Misalnya catatan sejarah revolusi Indonesia, bisa dibuat bagan berbentuk timeline yang menerangkan semua kejadian secara berurutan berdasarkan waktu terjadi dan diberi keterangan yang penting saja. Jadi lebih enak dibaca.

Buat cerita

Atau hubungkan kalimat dengan kata yang lebih mudah diingat. Misalnya menghafal rumus berat (W) = massa (m) x gravitasi (g), bisa dibuat ‘Wonder girls Makan Gorengan’. Atau kalau harus menghafalkan beberapa kata seperti negara-negara pendiri Asean, bisa dibuat cerita dengan menghubungkannnya pada kata-kata yang dekat dan mudah diingat, seperti: Putri adalah orang Indonesia yang lahir di Singapura. Hobinya jalan-jalan ke Thailand untuk lihat gajah putih, ke Malaysia untuk liat Twin Towers dan ke Filipina belajar bahasa Tagalog.
Catatan:

1. Hal penting yang enggak boleh dilupakan saat menghafal adalah mengulangnya terus- menerus hingga melekat pada memori kita.

2. Agar lebih mudah diingat, jangan cuma dihafal tapi dipahami juga.

3. Belajar untuk menyukai apa yang kita hafal. Karena dengan mendapat rangsangan positif, otak akan lebih mudah menerimanya.

(http://www.kawankumagz.com/read/cara-jitu-menghafal-pelajaran)